Manfaat Berolahraga di Dalam Air

By | September 5, 2018

Berolahraga di dalam air adalah bentuk latihan yang lembut tetapi membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat dan memperbaiki persendian. Selain itu, air membuat proses pelatihan jauh lebih menyenangkan jika Anda lelah dengan latihan di darat.

Manfaat Berolahraga di Dalam Air

Olahraga dalam bentuk apa pun sangat baik untuk kesehatan, tetapi olahraga di bawah air akan cocok bagi mereka yang suka berolahraga ringan dan fleksibel. Tubuh Anda tidak akan menderita seperti ketika Anda berolahraga secara normal, sehingga Anda akan lebih rileks dan tidak terlalu berkeringat.

Berikut adalah manfaat yang akan Anda dapatkan ketika berolahraga di bawah air.

1. Membantu menurunkan berat badan

Anda dapat menurunkan berat badan lebih cepat jika Anda berolahraga di bawah air, karena kekuatan dan latihan kardiovaskular akan maksimal ketika resistensi dukungan air.

Hanya 30-60 latihan per hari yang dapat membantu Anda membakar hingga 300-500 kalori tergantung pada kekuatan dan berat badan Anda.

Sebuah studi 2010 di Journal of Obesity menunjukkan bahwa latihan berjalan di air dapat membantu Anda mengurangi lemak dan mengurangi lingkar pinggang. Tidak hanya itu, bentuk dan kualitas hidup Anda juga akan meningkat.

2. Meningkatkan kesehatan sendi

Berolahraga di air bukan hanya lembut tetapi juga membantu otot-otot menjadi lebih baik karena daya apung air membuat tekanan tubuh berkurang, sehingga meminimalkan efek samping dari olahraga, seperti nyeri otot atau kelelahan.

Jika Anda memiliki masalah sendi seperti arthritis, berolahraga di bawah air adalah pilihan yang baik, karena latihan berenang ini dapat meredakan nyeri dan radang sendi serta meningkatkan kekuatan dan fungsi otot pada orang usia lanjut.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Preventive Medicine situs International mengatakan latihan di bawah air adalah terapi untuk membantu meningkatkan kekuatan dan mobilitas untuk pasien dengan hemofilia.

3. Membantu menjaga tubuh tetap lentur

Saat berolahraga di darat, gerakan tubuh akan dibatasi oleh gravitasi. Ketahanan air menghilangkan sebagian gravitasi ini dan memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam gerakan.

Berolahraga di bawah air sangat membantu dalam meningkatkan ketangguhan punggung dan tubuh bagian bawah. Fleksibilitas ini penting jika Anda ingin memperbaiki bentuk dan keseimbangan Anda.

Air hangat adalah pilihan terbaik jika Anda ingin meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda karena air hangat akan membantu melembutkan otot.

Pada tahun 2013, Journal of Physical Therapy Science melaporkan bahwa latihan aerobik di bawah air akan membantu orang tua lebih seimbang dan mengurangi risiko jatuh.

4. Membantu menstabilkan denyut jantung

Air akan membantu sirkulasi darah lebih efisien ke seluruh tubuh. Ini akan membantu Anda menurunkan tekanan darah dan mengatur detak jantung Anda. Selain itu, berolahraga di bawah air adalah cara untuk meningkatkan kekuatan jantung.

Jurnal Asia 2010 Kedokteran Olahraga menemukan bahwa latihan aerobik di dalam air selama 10 minggu akan membantu meredakan tekanan darah tinggi. Ini adalah cara yang baik untuk mengontrol tekanan darah bagi orang yang kelebihan berat badan dan lanjut usia yang mengalami osteoarthritis atau masalah pernapasan.

5. Membantu meningkatkan kekuatan otot

Air selalu bergerak dan berubah arah sehingga menciptakan lebih banyak hambatan daripada udara. Ketahanan air akan membantu otot untuk bergerak lebih banyak dan menjadi lebih kuat.

Sebuah studi dalam Journal of Strength dan lembar penyejuk Penelitian 2016, mengatakan latihan di air dan di darat memiliki efek yang sama dalam membantu otot yang lebih kuat. Namun, ini harus diverifikasi dengan lebih banyak percobaan. baca juga: Cara mengatasi keputihan dengan kunyit

6. Membantu Anda lebih rileks

Pemandangan laut atau kegiatan kolam renang sangat damai dan santai. Selain itu berendam dalam air juga dapat mengurangi stres bagi tubuh, pikiran, dan bahkan sering digunakan oleh sebagian orang untuk bermeditasi.

Latihan bawah air merangsang otak untuk melepaskan hormon endorphin yang membuat Anda merasa lebih baik. Selain itu, latihan ini juga meningkatkan jumlah oksigen ke otot dan mengatur pernapasan.

7. Lebih hemat biaya

Latihan di bawah air tidak memerlukan alat khusus seperti barbel atau mesin latihan. Ketahanan air memiliki efek yang sama seperti alat-alat tersebut. Ini adalah bentuk latihan yang sangat mudah dan murah yang jarang terpikirkan oleh banyak orang.

Pelatihan bawah air adalah bentuk latihan yang sama manfaatnya dengan latihan darat. Jika Anda merasa latihan rutin di darat membosankan dan terkadang melelahkan, maka cobalah berolahraga di bawah air. Air dapat menjadi terapi untuk membantu Anda menyembuhkan osteoartritis atau membuat Anda rileks.

Bagi anda yang memiliki masalah sendi atau tulang, silahkan baca juga obat herbal khusus untuk permasalahan tulang dan sendi: Walatra sehat sendi

Lihat Produk Kami Lainnya:

posted by: http://walatrabersihwanita.doctorsehat.com

Manfaat Berolahraga di Dalam Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *