Diet Sehat untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

By | November 5, 2018
Diet Sehat untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Diet Sehat untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Gaya hidup berkontribusi banyak dalam meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Salah satu faktor gaya hidup yang memberi dampak besar pada kualitas sperma adalah makanan yang kita makan setiap hari.

Tidak hanya meningkatkan kesehatan dan menghasilkan sperma yang lebih baik, diet juga mendorong libido sehingga mudah bagi pasangan untuk hamil. Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa nutrisi khusus yang dibutuhkan dalam diet kesuburan pria.

Seng

Seng adalah nutrisi yang tidak hanya diperlukan untuk kualitas sperma, tetapi juga untuk sistem kekebalan tubuh. Kekurangan seng (defisiensi paling populer pada pria) dapat menyebabkan penurunan kadar testosteron.

Bagi pria yang menderita testosteron rendah, seng/zinc telah terbukti meningkatkan testosteron dan meningkatkan kesuburan. Beberapa makanan yang mengandung banyak seng adalah ikan, terutama tiram, kerang, udang, daging merah seperti daging sapi atau domba, dan sayuran termasuk biji wijen, biji labu mentah atau kacang hijau. Namun, untuk menjaga kesehatan yang baik, disarankan untuk makan lebih banyak ikan, sayuran dan memiliki konsumsi daging merah yang terbatas.

Fruktosa

Fruktosa merupakan salah satu nutrisi dalam cairan mani yang diperlukan untuk menyediakan energi bagi sperma untuk berenang. Diet kaya fruktosa dengan buah-buahan dan sayuran dapat membantu pria mengelola beberapa masalah umum mereka seperti jumlah sperma rendah, motilitas buruk, dan mobilitas yang buruk.

Banyak penelitian telah menunjukkan dampak positif dari mengkonsumsi sayur dan buah sehari-hari pada kesehatan sperma. Pria harus makan setidaknya dua porsi buah sehari; salad adalah pilihan yang terbaik untuk makan siang dan makan malam.

Asam folat

Asam folat telah terbukti secara ilmiah memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas sperma. Pria dengan defisiensi folat lebih mungkin memiliki tingkat kromosom yang rendah dalam sperma mereka. Ini sangat berbahaya karena jika sperma yang lemah ini membuahi sel telur, itu dapat menyebabkan cacat lahir atau bahkan risiko tinggi keguguran. Makanan yang kaya asam folat termasuk kacang lentil, kacang pinto, kacang hitam, kacang merah, bayam dan sawi hijau, dll.

Vitamin C

Vitamin C mampu mencegah kerusakan oksidatif pada sperma. Nutrisi ini dapat meningkatkan kualitas sperma pada orang yang merokok sambil mengelola aglutinasi sperma. Vitamin C mudah terpengaruh ketika dimasak dan diproses; Karena itu, makanan yang mengandung vitamin C sebaiknya dimakan mentah-mentah. Beberapa sumber vitamin C yang baik diantaranya pepaya, brokoli, paprika, stroberi, jeruk, kiwi, kembang kol, dan kale.

Nutrisi yang disebutkan di atas dapat membantu meningkatkan kesuburan pria. Untuk meningkatkan sistem reproduksi, selain memiliki nutrisi penting dari diet kesuburan yang sehat, pria juga harus minum cukup air dan melakukan olahraga secara teratur.

baca juga: Makanan yang dapat menurunkan kolesterol

posted by: walatrabersihwanita.doctorsehat.com

Diet Sehat untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *