Benarkah Smartphone Bisa Menyebabkan Tumor Otak?

By | October 17, 2018

Benarkah Smartphone Bisa Menyebabkan Tumor Otak?

Tidak dapat dipungkiri bahwa Smartphone saat ini akan menjadi faktor kebutuhan yang cukup penting karena memungkinkan banyak hal menjadi lebih mudah, baik komunikasi, pekerjaan atau hibura.

Tetapi kenyamanan ini bisa menjadi dua pedang tajam. Banyak orang khawatir tentang gelombang dari smartphone dapat menyebabkan tumor otak. Oleh karena itu, mari kita lihat apakah hal ini benar atau salah.

Gelombang smartphone dengan tumor atau risiko kanker otak

Banyak orang mungkin pernah mendengar bahwa jenis radiasi tertentu adalah faktor risiko untuk kanker, dan yang kami gunakan adalah alat yang akan melepaskan gelombang radio di udara (smartphone). Ini dapat menyebabkan jaringan terdekat menyerap energi frekuensi radio.

Namun, gelombang radio dari smartphone adalah gelombang elektromagnetik yang tidak memiliki cukup energi untuk menghancurkan DNA di dalam sel secara langsung dan tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk menyebabkan panas mempengaruhi suhu di dalam tubuh. Tidak seperti sinar gamma dan sinar ultraviolet yang begitu energik sehingga dapat memecahkan DNA dan dapat menyebabkan sel kanker.

Hasil Penelitian tentang Pengaruh Gelombang Smartphone

Ada banyak penelitian yang mencoba menemukan jawaban terkait penggunaan smartphone dengan tumor otak.

Sebagian besar penelitian tidak menemukan bahwa tingkat penggunaan smartphone pada pasien dengan tumor otak lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki penyakit. Dan penggunaan smartphone tidak menghasilkan tumor otak yang lebih mungkin.

Suatu penelitian tentang penggunaan ponsel dapat dikaitkan dengan tumor otak. Belajar di Swedia dan temukan itu. Peserta memiliki risiko lebih tinggi terhadap tumor di kepala, seringkali dengan tingkat bicara yang lebih tinggi di telepon. Terutama pada mereka yang menggunakan ponsel untuk waktu yang lama sekitar 10 tahun ke atas. Namun, perlu dicatat bahwa selama tahun persidangan, Tingkat orang yang memiliki tumor otak di Swedia belum meningkat. Ada hasil yang bertentangan dengan sebagian besar penelitian. Ini menjadikan penelitian ini kurang berat dan reliabel.

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa paparan gelombang radio dari smartphone meningkatkan risiko tumor atau bahkan nekrosis kanker, dengan hasil yang sangat sedikit dan tidak teratur. Tidak dapat dipastikan bahwa penggunaan ponsel akan menyebabkan efek seperti itu. Dampak lainnya adalah kekhawatiran bahwa telepon seluler dapat mengganggu penggunaan perangkat medis tertentu, seperti pompa jantung listrik.

Bagaimana cara mencegah bahaya gelombang telepon seluler?

Meskipun tidak terbukti bahwa ponsel merupakan faktor yang dapat menyebabkan risiko kesehatan seperti tumor otak. Tetapi kesimpulannya jelas, pencegahan juga dapat membantu untuk mengurangi rasa kekhawatiran.

– Coba gunakan telepon untuk waktu bicara yang lebih pendek dan lebih sedikit. Bicara hanya jika diperlukan. Atau gunakan telepon rumah saja.

– Menggunakan speaker atau headphone untuk memberikan jarak antara ponsel dan kepala selama panggilan. Untuk mengurangi jumlah gelombang radio yang diterima.

– Gunakan pesan teks alih-alih panggilan suara, keselamatan harus diperhitungkan. Jangan mengirim pesan atau berbicara di telepon saat di jalan, mengemudi, atau dalam situasi berisiko apa pun.

– Anda dapat memilih untuk menggunakan ponsel dengan tingkat penyerapan frekuensi radio yang rendah. Juga dikenal sebagai Specific Absorption Rate (SAR), jumlah radiasi yang diserap ke dalam tubuh lebih kecil dari ponsel dengan nilai SAR yang lebih tinggi, yang dapat ditemukan di situs web pabrikan atau dalam manual pengguna. Nilai SAR yang ditentukan adalah nilai maksimum. Tapi saat digunakan. Nilai-nilai ini mungkin tinggi atau rendah tergantung pada banyak faktor.

Posted by: walatrabersihwanita.doctorsehat.com

Benarkah Smartphone Bisa Menyebabkan Tumor Otak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *