Asupan Makanan yang Baik bagi Penderita Penyakit Ginjal

By | October 24, 2018

Makanan untuk orang dengan penyakit ginjal harus sangat diperhatikan karena setiap makanan yang dimakan dapat mempengaruhi gejala dan pengobatannya. Jika makan makanan yang tidak sesuai, itu bisa berbahaya, jadi pelajari tentang makanan yang cocok dan aman untuk penderita penyakit ginjal.

Asupan Makanan yang Baik bagi Penderita Penyakit Ginjal

Mengapa pasien penyakit ginjal perlu menyesuaikan diri dengan diet? Pasien dengan penyakit ginjal perlu kontrol ketat asupan makanan. Karena beberapa nutrisi dapat mempengaruhi gejala penyakit, sehingga dokter memerintahkan pasien untuk membatasi makanan atau minuman tertentu untuk mencegah penyakit ginjal atau kesehatan pasien. Pada saat bersamaan Pasien juga harus menerima jumlah nutrisi yang tepat serta protein, vitamin dan mineral.

Selain itu, jika pasien harus dialisis, itu harus ketat mengontrol diet. Untuk membatasi jumlah kotoran dan air di dalam tubuh. Anda juga perlu membatasi jumlah natrium dan kalium. Kedua mineral tersebut akan membuatnya lebih buruk jika tidak dibatasi.

Apa saja makanan untuk penderita penyakit ginjal?

Untuk mengontrol gejala dan membuat pengobatan efektif, penderita ginjal harus memperhatikan diet. Dokter dapat merekomendasikan makan makanan berikut.

1. Karbohidrat

Untuk penyakit ginjal, karbohidrat adalah sumber energi yang baik, Khususnya penderita yang perlu membatasi asupan protein. Penderita bisa mengonsumsi semua jenis karbohidrat. Hati-hati dengan makanan yang mengandung protein, seperti susu, cokelat, kacang, dan pisang. Anda mungkin harus menggantinya dengan buah-buahan, sayuran, dan roti.

2. Lemak

Adalah sumber energi yang baik untuk penderita ginjal. Tetapi harus berkonsultasi dengan dokter sebelum makan jenis ini. Makan terlalu banyak lemak dapat menyebabkan risiko penyakit jantung. Penderita sebaiknya mengonsumsi lemak tidak jenuh yang terbaik.

3. Zat besi

Anemia adalah penyakit yang dapat ditemukan pada penderita penyakit ginjal berat. Oleh karena itu, pasien harus mendapatkan zat besi dalam jumlah yang cukup untuk mengobati anemia, seperti zat besi yang ditemukan dalam hati, daging dan kacang-kacangan, tetapi pasien harus berkonsultasi dengan dokter mereka tentang kandungan zat besi harus sesuai.

4. Kalsium

Adalah nutrisi penting untuk tulang dan tubuh. Tetapi harus dimakan secukupnya juga. Jika Anda makan terlalu banyak dapat menyebabkan residu di dalam tubuh dan berbahaya bagi kesehatan.

5. Vitamin D

Pasien dengan penyakit ginjal yang menjalani dialisis harus menerima vitamin D yang cukup. Vitamin ini akan membantu menjaga tulang kuat dan membantu mencegah penyakit jantung. Dokter akan memerintahkan pasien untuk mengambil suplemen yang mengandung nutrisi dalam jumlah yang tepat untuk tubuh.

6. Vitamin B

Adalah vitamin yang penting bagi tubuh. Terutama vitamin B6 dan B12, yang akan membantu mencegah anemia. Selain itu, vitamin B lainnya juga membantu memetabolisme makanan ke dalam tubuh.

Penyakit ginjal dengan air minum

Pada awalnya, Dokter mungkin memberi pasien penyakit ginjal dengan sejumlah cairan yang normal. Jika gejalanya memburuk atau pasien harus cuci darah, Dokter juga akan mengontrol jumlah cairan yang dikonsumsi karena penyakitnya tidak bisa kencing. Dan selama dialisis, mungkin ada lebih banyak cairan di dalam tubuh. Jika terlalu banyak, itu dapat mempengaruhi jantung dan paru-paru yang membahayakan pasien.

Jadi jika dokter memerintahkan pengurangan asupan cairan. Pasien harus memperhatikan minum air putih. Hindari makanan dengan rasa asin karena dapat menyebabkan rasa haus. Dan harus berada di tempat yang dingin di hari yang panas untuk mencegah dehidrasi.

Posted by: walatrabersihwanita.doctorsehat.com

Asupan Makanan yang Baik bagi Penderita Penyakit Ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *